UPACARA HARI PAHLAWAN

on .

Sumbawa Besar, Pada hari Jumat tanggal 10 November 2017, bertempat di halaman depan kantor  Pengadilan Negeri Sumbawa Besar Kelas IB, kami keluarga besar Pengadilan Negeri Sumbawa Besar menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, upacara berlangsung khidmat.

Selaku Pembina upacara yakni : I WAYAN EKA MARIARTA, S.H., M.Hum. Ketua PN Sumbawa Besar, sebagai pemimpin upacara : SUKARDI, S.H.

IMG 4523

 

IMG 4528

 

IMG 4525

 

IMG 4543

PEMBINAAN KETUA DAN SEKRETARIS PENGADILAN TINGGI

on .

Sumbawa Besar, Pada hari Rabu tanggal 25 Oktober 2017, Ketua Pengadilan Tinggi NTB, Bpk. AMIRYAT, SH,MH dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Nusa Tenggara Barat, Bapak H. MUSTAFA, SH melaksanakan pembinaan di Pengadilan Negeri Sumbawa Besar Kelas IB.

IMG 4262

 

IMG 4263

 

IMG 4276

 

Sosialiasi E-SKUM, ATR, dan RKA-KL

on .

Pada hari Selasa tanggal 17 Oktober 2017 Pukul 09:00 WITA,  bertempat di Ruang Sidang Utama (Cakra) Pengadilan Negeri Sumbawa Besar Kelas 1B diselenggarakan sosialisasi aplikasi E-SKUM dan ATR. Sosialisasi tersebut sebagai bentuk tindak lanjut workshop/pelatihan yang diikuti oleh Ketua dan Operator IT serta sebagai salah satu bentuk keseriusan Pengadilan Negeri Sumbawa Besar untuk mengaplikasikan E-SKUM dan ATR di wilayah Pengadilan Tinggi Nusa Tenggara Barat. Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Bpk. I WAYAN EKA MARIARTA, S.H, M.Hum selaku Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa Besar, disampaikan oleh Bpk. NOVAN PUJIMAHAPUTRA, S.Kom selaku Operator IT, dan dihadiri oleh para hakim, para pejabat struktural dan fungsional, serta para karyawan/i.

IMG 4208

 

Setelah Sosialiasi aplikasi E-SKUM dan ATR selesai, maka dilanjutkan dengan Sosialisasi Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL) Pengadilan Negeri Sumbawa Besar Kelas 1B untuk tahun 2019. Sosialisasi tersebut disampaikan oleh Bpk. JUMAAH, S.Sos selaku Sekretaris PN Sumbawa Besar dan dan dihadiri oleh para hakim, para pejabat struktural dan fungsional, serta para karyawan/i.

 

IMG 4210

 

IMG 4217 

TURNAMEN KPT CUP II TAHUN 2017

on .

Pada Hari Minggu pagi, tanggal 24 September 2017, Rombongan Tim Tenis (PTWP) Pengadilan Negeri Sumbawa Besar Kelas 1B berangkat menuju Kota Mataram. Keberangkatan Tim tersebut diiringi dengan doa, harapan dan semangat untuk menjadi yang terbaik dalam Turnamen KPT CUP II Tahun 2017 yang dilaksanakan di Lapangan Tenis Pengadilan Tinggi Nusa Tenggara Barat dari tanggal 25 s.d 27 September 2017. 

Senin pagi, tanggal 25 September 2017, dengan semangat bertanding yang membara,  Tim menginjakkan kaki dilapangan Tenis Pengadilan Tinggi Nusa Tenggara Barat ;

IMG 3940

 

Kemudian Turnamen KPT CUP II Tahun 2017 dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi NTB, Bapak AMIRYAT, S.H,M.H

 

IMG 3991

 

Next.....pertandingan pun dimulai......

IMG 3956

 

Akhirnya...Yes.... Tim Pengadilan Negeri Sumbawa Besar Kelas 1B berhasil memperoleh JUARA 2.....

 

IMG 4022

 

Bravo...Selamat buat tim....Latihan jangan kendor agar menjadi terbaik di turnamen berikutnya......

 

Kunjungan TIM Test Urine oleh BNN Kabupaten Sumbawa

on .

Sumbawa Besar, Selasa , tanggal 5 September 2017, Kunjungan TIM Test Urine oleh BNN (Badan Narkotika Nasional) Kabupaten Sumbawa di Pengadilan Negeri Sumbawa Besar, dalam rangka kegiatan P4GN (Pencegahan, Pemberatasan, Penyalahgunaan dan Peredaran).

urine

Sebanyak 40 pegawai di Pengadilan Negeri Sumbawa Besar baik itu Ketua, Hakim, termasuk para staf menjalani tes urine. Kegiatan tesebut dilaksanakan petugas dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sumbawa. Sebelum tes urine dilakukan, mereka terlebih dahulu mengikuti penyuluhan narkoba yang diberikan Kepala BNNK Sumbawa – AKBP Syirajuddin di ruang sidang utama PN Sumbawa Besar. Baru satu persatu dari pegawai tersebut dipanggil keluar untuk dites urine. “Kegiatan sosialisasi sudah kita laksanakan. Kemudian dilanjutkan tes urine pada semua karyawan.

kepala PN Sumbawa Besar tes urine

Berdasarkan Hasil wawancara Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa Besar oleh Wartawan yang sumbernya diambil di berita : http://pulausumbawanews.net

Sementara Ketua PN Sumbawa Besar – I Wayan Eka Mariarta SH MHum menyatakan, tes urine ini dilakukan berdasarkan perintah dari pimpinan tertinggi yakni Mahkamah Agung. Yang memerintahkan seluruh jajaran Pengadilan dibawahnya untuk melakukan tes urine, baik Hakim dan juga pegawai. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi jangan sampai ditemukan lagi pegawai Mahkamah Agung yang terlibat masalah narkoba. Kemudian mengantisipasi ruan gerak peredaran narkoba, jangan sampai aparat peradilan yang tugasnya mengadili perkara yang kususnya terkit narkoba, justru malah sebagai pihak yang terlibat. Apalagi diketaui narkoba sangat merusak generasi, juga mengganggu kesehatan. ‘’Semuanya pegawai, juga yang honorer kita minta untuk lakukan tes urine. Karena dalam jangka waktu tertentu MA mengadakan perekrutan pegawai untuk diangkat menjadi pegawai. Jangan sampai ada yang terlibat narkoba,’’ ujarnya.

Dijelaskan, pelaksanaan tes urine yang dilakukan ini mendadak. Walaupun sebeulmnya pernah berkoordinasi dengan BNNK Sumbawa untuk kegiatan tersebut. Hanya saja waktunya tidak ditentukan. Sementara untuk hasil dari tes ini akan dilaporkan ke pimpinan di Pengadilan Tingi ataupun Mahkamah Agung. ‘’Pelaksanaannya mendadak. Kita juga antisipasi jangan sampai ada yang bolos. Kalau kita tentukan waktunya, nanti ada yang menkonsumsi minuman yang dapat menetralisir. Kalau ada yang positif narkoba, maka masalah penindakan kewenanan dari Kepolisian, tapi internal kita juga pasti ada,’’ pungkasnya.

Diungkapkan, tujuan dilakukan tes urine ini untuk memperkecil kemungkinan adanya perminaan (Narkoba). Sehingga diharpkan semua instansi dapat melakukan kegiatan tersebut. Hanya saja perlu dianggarkan khusus oleh instansi masing-masing untuk pengadaan alat tes itu. Mengingat anggaran di BNNK Sumbawa masih terbatas. ‘’Kita harap semua instansi melakukan tes urine. Instansi juga termasuk warga negara. Kita antisipasi supaya peredaran tidak sampai masive. Minimal untuk memperkecil permintaan. Kalau pecandunya bisa kita rehabilitasi,’’ tukasnya.